Sabtu, 24 September 2011

Manejemen Proyek dan Risiko

Pengertian Umum Tentang Proyek.

Pengertian proyek adalah suatu kegiatan yang sifatnya hanya dilakukan satu kali dan umumnya mempunyai jangka waktu pendek. Dalam suatu kegiatan proyek tersebut, biasanya terdapat suatu proses yang berfungsi untuk mengolah sumber daya proyek menjadi suatu hasil kegiatan yang menghasilkan sebuah bangunan. Adapun proses yang terjadi didalam suatu proyek melibatkan banyak pihak yang terkait dengan proyek tersebut, baik secara langsung dan tidak langsung. Akibatnya, ketika banyak pihak yang ikut tergabung di dalam suatu proyek, maka dalam proyek itu akan menghasilkan potensi yang besar untuk terjadi suatu konflik yang besar, sehingga banyak orang yang menyimpulkan bahwa didalam suatu proyek sebenarnya mengandung konflik yang sangat tinggi.


Pengertian Umum Tentang Risiko

Pengertian risiko menurut kamus besar bahasa indonesia adalah kemungkinan terjadinya peristiwa yang dapat merugikan suatu perusahaan.

Beberapa contoh kegiatan kegiatan proyek dan fungsinya :
  1. Pembangunan Fasilitas Baru. Proyek ini berarti proyek awal, artinya adalah proyek yang baru dibangun dan belum pernah ada sebelumnya.
  2. Perbaikan Fasilitas yang telah ada.
  3. Penelitian dan Pengembangan.


Dalam prakteknya, suatu proyek itu tidak akan timbul jika tidak ada suatu faktor yang mempengaruhi timbulnya proyek tersebut, beberapa faktor yang mempengaruhi timbulnya suatu proyek adalah sebagai berikut :
  1. Adanya permintaan pasar. Maksudnya adalah adanya suatu kebutuhan yang memang belum ada dan kebutuhan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat.
  2. Untuk meningkatkan kualitas produk. Bagi perusahaan tertentu, proyek itu dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas suatu produk. Hal ini disebabkan karena lahan persaingan dalam lingkungan tersebut.
  3. Kegiatan Pemerintah. Maksud dari kegiatan pemerintah ini adalah pemerintah melakukan suatu proyek untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.


Dalam segala hal diperlukan yang namanya pengaturan, pengelolaan, dan pengarahan agar tidak menyimpang dari jalan yang seharusnya. Begitu juga dengan proyek, agar proyek yang dikerjakan bisa bermanfaat, maka diperlukan pengelolaan yang baik. Jadi, manajemen proyek itu merupakan cara mengelola atau mengorganisir segala sesuatu tentang proyek, dari awal proyek hingga selesai proyek.

Sedangkan pengertian dari risiko adalah sesuatu yang berhubungan dengan ketidakpastian, dan ketidakpastian ini terjadi karena kurang atau tidak tersedianya informasi yang cukup tentang apa yang akan terjadi. Sesuatu yang tidak pasti itu bisa menguntungkan dan bisa merugikan. Secara umum risiko itu dapat dartikan sebagai suatu keadaan yang sedang dihadapi seseorang atau perusahaan dimana terdapat kemungkinan yang merugikan.

Pengertian dari manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman, startegi yang dapat diambil adalah memindahkan risiko kepada pihak lain, menghindari efek risiko, menggurangi efek negatif risiko dan menampung sebagian atau semua konsekuensi tertentu. Fungsi dari manajemen risiko adalah untuk mengurangi risiko yang berbeda-beda yang berkaitan dengan bidang yang telah dipilih pada tingkat yang dapat diterima oleh masyarakat.

arif setiadi
2KB07

1 komentar: