Kamis, 25 November 2010

Peranan Pemuda dalam Masyarakat


Pemuda merupakan generasi penerus bangsa, kader bangsa, kader masyarakat dan kader keluarga. Pemuda selalu diidentikkan dengan yang namanya perubahan, betapa pentingnya peran pemuda dalam membangun bangsa dan peran pemuda dalam menegakkan keadilan. Sejarah telah mencatat kiprah pemuda yang tak kenal waktu yang selalu berjuang dengan penuh semangat biarpun jiwa raga menjadi taruhannya. Indonesia merdeka berkat jasa-jasa pemuda, seperti : Ir.Soekarno, M.Hatta, Sutan Syahrir, dan lain-lain dengan penuh mengorbankan dirinya untuk bangsa dan negara.
dalam pidatonya, soekarno pernah mengobarkan semangat juang pemuda, yang isi pidatonya "Beri aku sepuluh pemuda, maka akan kugoncangkan dunia". Begitu besar peranan pemuda dimata Ir. Soekrano, jika ada sembilan pemuda lagi indonesia akan menjadi super power.
Satu tumpah darah, satu bangsa dan satu bahasa merupakan sumpah pemuda yang diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928. begitu kompaknya pemuda yang ada diwaktu itu, dan apakah semangat pemuda sekarang sudah mulai redup, seolah dalam kacamata negara dan masyarakat. Hal tersebut dipengaruhi oleh globalisasi yang penuh dengan tren masa kini.
Sekarang pemuda lebih banyak melakukan peranan sebagai kelompok politik, sedikit sekali yang berkecimpung dalam kelompk sosial, sehingga kemandirian pemuda saat ini sangat sulit berkembang dalam mengisi pembangunan ini, pemuda yang ada sekarang hanyalah pemuda yang mementingkan kesenangan dan selalu mementingkan kesenangan dirinya sendiri. Peranan pemuda dalam bersosialisasi sungguh menurun drastis, dulu biasanya kalau ada acara seperti kerja bakti, acara-acara keagamaan, dan adat istiadat biasanya yang berperan aktif dalam menyukseskan acara tersebut adalah pemuda sekitar.
pemuda sekarang lebih suka dengan yang namanya kesenangan, selalu bermain-main, dan kalau-kalau ditanya seseorang tentang siapa ketua RT/RW, dia mungkin tidak akan menjawabnya karena pemuda tersebut tidak berperan aktif dalam lingkungan sekitar dimana ia tinggal. Selaku pemuda kita dituntut aktif dalam kegiatan kemasyarakatan, sosialisai dengan warga setempat. Kehadiran pemuda sangat dinanti-nantikan untuk mewujudkan suatu perubahan bagi bangsa dan negara. Aksi reformasi disemua bidang adalah agenda pemuda menuju masyarakat madani. Yang namanya reformasi tidak mungkin dilakukan oleh anak-anak dan orang tua, reformasi ini yang melakukan adalah para pemuda yang bersemangat memajukan bangsa dan negaranya.
Dengan penuh harapan besar, moga-moga pemuda-pemudi bangsa, sebagai generasi penerus bangsa dan negara bisa menjelma menjadi soekarno-soekarno masa depan dengan semangat juang yang tinggi sebagai motor perubahan bangsa kearah positif dan sebagai motor perjuangan bangsa.... amiin.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar