Senin, 08 November 2010

Peranan Orang tua untuk anaknya


Dizaman modern sekarang ini,peranan orang tua sangat penting, dimana zaman yang sudah menghilangkan nilai budaya-budaya bangsa, sehingga anak bangsa sudah tidak menghiraukan budaya yang ada pada bangsa ini. Ditinjau dari segi pendidikan, peranan orang tua sangat penting, anak akan menjadi baik apabila anak tersebut balajar yang baik-baik yang ia dapat dari orang tuanya. Karena anak akan menirukan apa yang ia lihat dari gerak-gerik orang tuanya.

Seorang anak yang masih berumur 3 sampai 5 tahun akan merekam apa yang ia dapat dari orang tuanya, apabila ia mendapatkan sesuatu yang buruk dari orang tuanya, ia akan bisa mengingatnya sampai ia dewasa nanti, karena ingatan seorang anak pada masa ini sangat peka. Peranan orang tua dalam hal pendidikan adalah sebagai guru kedua anak setelah anak tersebut keluar atau pulang dari sekolahnya. Ketika anak itu bersekolah, guru yang bertugas disekolahlah yang akan menjaga kelakuan anak muridnya, dan ketika anak tersebut pulang dari sekolahnya, maka tugas guru tersebut berpindah ketangan orang tua anak tersebut.
Seorang anak harus mendapatkan pendidikan yang baik dari kedua orang tuanya, karena anak adalah titipan dan amanat dari Tuhan, karenanya peranan orang tua sangat besar pengaruhnya kepada kehidupan anak dimasa yang akan datang, akankah anak itu menjadi anak baik, atau anak itu menjadi anak yang buruk..?, arti buruk disini adalah buruk dari segi kelakuan, akhlak anak tersebut, sopan santun, dan masih banyak lagi.
Intinya adalah orang tua itu mempunyai peranan yang sangat penting dan pengaruh yang besar terhadap kehidupan seorang anak yang telah diamantkan oleh Tuhan….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar