Minggu, 14 Oktober 2012

perkembangan bahasa indonesia di luar negeri

Bahasa Indonesia, sebuah pelajaran yang selalu diajarkan seorang guru kepada muridnya dari tingkatan SD, SMP, SMA, bahkan dibangku perkuliahan pun bahasa Indonesia masih terus diajarkan, sampai-sampai orang indonesia sendiri sampai bosan. Lain halnya dengan lingkungan yang ada diluar negeri, masyarakat disana menyambut hangat pelajaran yang membosankan bagi masyarakat indonesia. Ada sekitar 219 lembaga didunia yang mengajarkan bahasa Indonesia untuk penutur di 73 negara.

Lembaga yang mengadakan pengajaran Bahasa Indonesia diluar negeri umunya berupa universitas, kursus, dan seklolah - sekolah. Di universitas, tenaga pengajar itu dibutuhkan untuk mengajarkan tentang linguistik, budaya, studi tentang Asia, atau studi tentang Indonesia itu sendiri. Pembelajaran tersebut bergantung pada peminat dan juga para pengajar dan kerja sama antara Indonesia dan negara - negara yang lain.

pembelajaran tersebut diminati orang luar negeri yang akan mengunjungi Indonesia, bekerja, belajar, dan untuk memahami kultur-kultur kehidupan yang ada di Indonesia.
Adapaun materi yang diberikan untuk pembelajaran kepada orang asing tersebut berupa :

1. Ejaan Van Ophuijisen.
2. Ejaan Republik.
3. Ejaan Melindo.
4. Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD).

Salah satu kondisi perkembangan bahasa Indonesia diluar negeri adalah perkembangan dinegeri Cina, perkembangan bahasa Indonesia di negeri ini banyak sekali mengalami cobaan, pernah perkembangan bahasa ini menjadi vakum, yaitu antara 1965 - 1988, pada tahun tersebut perkembangan bahasa Indonesia menempati titik perkembangan yang kelam. Untungnya, banyak warga Indonesia yang tinggal diCina yang teguh untuk mengembangkan bahasa Indonesia di negeri Cina.

Bentuk dukungan yang diberikan Cina untuk mempelajari budaya dan bahasa Indonesia adalah dengan mengajarkan pada universitas - universitas berikut :

1. Peking University.
2. Beijing Foreign Studies University.
3. Communication University of China.
4. Shanghai International Studies University.

dan masih banyak universitas - universitas yang membantu dan memberikan dukungan untuk mengembangkan Bahasa Indonesia di negeri Cina...

referensi : http://edukasi.kompasiana.com/2012/06/19/jejak-langkah-bahasa-indonesia-di-china/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar