Minggu, 13 Januari 2013

Tutorial Partisi Memory Micro SD untuk Smartphone

Masih sehubungan dengan bagaimana cara membuat partisi pada media penyimpanan, kadang smarthphone yang mempunyai RAM atau ROM yang kurang memadai, kita bisa mengoptimalkan penggunaan RAM atau ROM pada smartphone kita dengan cara membagi-bagi partisi pada micro sd, micro sd ini bentuknya kecil tetapi mempunyai fungsi yang sama sebagai hardisk pada samrtphone, handphone, dan perangkat elektonika yang membutuhkan media penyimpanan eksternal.

Untuk penggunaan aplikasinya sama, bisa menggunakan mini partion tools dan bisa menggunakan EPM, kalau belum ada, silakan di cek ke tkp buat ambil itu aplikasinya. Langsung menuju langkah yang pertama,
yaitu backup terlebih dahulu data-data yang sudah tersimpan di micro sd tersebut, apabila menggunakan micro sd yang baru saja di beli bisa langsung di
format, untuk langkah yang lebih penting, jangan menggunakan kabel data untuk menghubungkan micro sd tersebut, lebih baik menggunakan card reader.

Untuk langkah selanjutnya, ketika sudah di backup dan di format, kita bisa membuat partisi dengan cara, create partion, setelah itu kita buat kapasitas yang kita inginkan sesuai kebutuhan. Contohnya dalam hal ini menggunakan sd card yang kapasitasnya 8 dan 16Gb. Untuk sekadar saran, membuat partisi untuk linux swap bila memory yang terdapat dalam smartphone nya itu memang kecil dan membutuhkan kinerja bantuan dari memory.

Untuk langkah-langkah dalam mempartisi sebuah micro sd sama dengan cara mempartisi hardisk, perbedaan nya adalah, pada langkah yang pertama yang harus kita siapkan adalah partisi untuk ext2/ext3 dan seterus nya, kemudian ketika melihat kondisi RAM yang kecil, alangkah baik nya kita sediakan pertisi untuk linux swap, yang fungsinya sudah saya paparkan di paragraf sebelum ini, setelah dua langkah terselesaikan, lanjut ke tahap berikut nya, yaitu menjadi kan partisi pokok, dimana format parisi nya akan saya uraikan seperti dibawah ini :

partisi pertama : format yang digunakan untuk membuat ext2/3/4,,, adalah format ext, ditools partisi sudah ada pilihannya, tinggal kita ingin menjadikan ext berapa...

partisi kedua : format untuk membuat linux swap adalah linux swap,

partisi ketiga : format yang digunakan untuk media atau memory penyimpanan data-data yang terdapat pada smartphone adalah fat32.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar